Senin, 23 September 2013

POTRET KUALITAS PENDIDIKAN NO 1 DUNIA

POTRET KUALITAS PENDIDIKAN NO 1 DUNIA

Mengejutkan, ternyata negara yang paling oke tata kelola pendidikannya bukanlah Amerika Serikat, Jepang atau Jerman. Akan tetapi, kiblat pendidikan dunia saat ini mengarah ke negara Findlandia.

Amerika Serikat sendiri berada jauh dibawah level Finlandia, tepatnya di urutan ke-17. Lalu, dimana daya tariknya sistem pendidikan di Finlandia dengan negara-negara lainnya khususnya Indonesia? Jawabannya, lihat beberapa fakta luar biasa fakta pendidikan di FINLANDIA.

 Fakta tersebut  antara lain :

1.    Tidak  boleh sekolah sebelum  umur 7 tahun



Bandingkan dengan sistem pendidikan model barat pada umumnya yang juga diadopsi oleh negara kita. Umur 3 tahun sudah masuk pre-school, kemudian 4 tahun TK nol kecil dan umur 5 tahun TK nol besar. meski dilihat dari kacamata pendidikan modern anak-anak Finlandia ini “terlambat sekolah”, merekalah justru paling pandai diantara siswa-siswa dari negara lainnya (baca link dari cambridge ini) 


2.  Tidak ada PR

Jika di indonesia sini anak-anak dibebani dengan PR / homework yang menggunung, belum lagi ada les privat tambahan dan bimbel sebaliknya dengan Finlandia. guru-guru disana tidak pernah memberikan PR pada siswanya! PR hanya diberikan pada remaja dan itu pun jarang sekali


3.    Tidak ada rapor



Tidak ada rapor yang mengukur nilai seorang anak. kalo di kita kan tiap cawu / semestar ada pembagian rapor ke orang tua, nah disana engga ada gan! bukan cuman itu, disana juga engga ada ranking siswa. pun tidak ada kompetisi antar siswa, antar sekolah bahkan antar daerah

4.   Tidak ada Ujian nasional 



Di Finlandia kemandirian dalam mengikuti proses belajar mengajar itu tidak hanya dinikmati oleh guru-gurunya yang begitu dihormati tetapi juga ditularkan kepada para pelajar melalui berbagai kesempatan-kesempatan penting. Salah satunya dimana setiap pelajar diberi otonomi khusus untuk menentukan jadwal ujiannya untuk mata pelajaran yang menurutnya sudah dia kuasai.



Fantastiknya, dalam evaluasi belajar, angka ketidak lulusan secara nasional tidak pernah melebihi 2 persen pertahunnya. Finlandia juga tidak mengenal istilah ujian semester apalagi ujian nasional layaknya ditanah air.

Evaluasi belajar secara nasional dilakukan tanpa ada intervensi pemerintah sekali pun. Karena setiap sekolah bahkan guru berkuasa penuh untuk menyusun kurikulumnya sendiri
 


5.   Profesi guru amat bergengsi! 


Guru di Indonesia banyak yang nyambi kerja lainnya: entah jadi guru les, buka warung, bertani, bahkan ngojek. Kalo di Finlandia, guru adalah profesi terhormat yang disamakan dengan dokter dan pengacara. hanya 10 persen dari lulusan universitas terbaik yang bisa jadi guru dan guru sekolah dasarnya minimal harus S2. Ujian untuk jadi guru jauuuuuh lebih susah daripada ujian jadi dokter! 

6.     Guru hanya mengajar 4 jam sehari! 






7.      kelas yang sama untuk yang pintar dan belum pintar




Kecuali untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus, di kelas sekolah Finlandia tidak ada kelas khusus untuk yang pintar (kelas percepatan/akselerasi) dan kelas bagi mereka yang “biasa-biasa” aja. Semua diperlakukan dengan sama.

Dengan model pendidikan yang seperti  ini, justru anak2 Finlandia-lah yang menempati urutan teratas dalam kompetensi matematika, bahasa dan ilmu pengetahuan dari anak-anak negara lain

Lalu apa kunci dari keberhasilan Finlandia dalam sistem pendidikan mereka? ini kutipan dari Menteri Pendidikan mereka:

“We prepare children to learn how to learn, not how to take a test,” said Pasi Sahlberg, a former math and physics teacher who is now in Finland’s Ministry of Education and Culture
Pasi Sahlberg, a former math and physics teacher who is now in Finland’s Ministry of Education and Culture


kesimpulan yg saya ambil: guru mengajarkan siswa untuk mengerti bukan untuk menghafal, guru sangat menghormati opini dari tiap siswa dan meng-encourage mereka untuk mengejar mimpi-mimpinya. Sebelum kelas dimulai, selalu ada diskusi intens dari guru dan murid yang membahas tentang apa saja, terutama tentang apa yang ingin dicapai oleh murid-muridnya di masa depan. Siswa menjadi amat termotivasi untuk belajar berpikir, belajar mencari solusi dan berani bereksperimen. Guru lebih berfungsi sebagai fasilitator bagi siswa untuk mengerti dan menggali lebih dalam, bukan diktator yg memimpin semua kegiatan di kelas. wow!
“The mediocre teacher tells,
The good teacher explains,
The superior teacher demonstrates,
THE GREAT TEACHER INSPIRES !”
(William Arthur Ward)



Silahkan lihat video dokumenter di bawah ini tentang sistem pendidikan di Finlandia, 
VIDEO







Ternyata Sistem inilah yang dipertahankan oleh Finlandia hingga akhirnya berhasil mengantarkan negara ini berada pada posisi puncak sebagai negara yang paling berhasil mengelola pendidikan nasionalnya.



Mari berbagi......kalau ada kekurangan Semoga sahabat-sahabat bisa lebih melengkapi

Semoga bermanfaat.
Terimakasih.  

GURU BANGSA: Facebook, Twitter
Sumber: 
detikNews
blog annunaki
https://www.youtube.com/watch?v=70AlyhEGWf4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar